RESEP HODDEOK KHAS KOREA

RESEP HODDEOK KHAS KOREA - Hoddeok atau Hotteok adalah penekuk yang termasuk jajanan kaki lima di Korea Selatan. Apabila bunda jalan-jalan ke Korsel, akan banyak kita temui jajanan hoddeok di pinggir jalan, terlebih pada waktu musim dingin tiba. Untuk penyajianya, hoddeok ada dua macan loh bunda, ada yang di panggang seperti sandwich, dan juga ada yang di goreng dan di pipihkan di atas hot plate.

RESEP HODDEOK KHAS KOREA

Tapi kalau bunda/sista yang tidak sempat datang ke Korea, bunda jangan kuatir, karena pada kesempatan kali ini Resep masakan favorit akan memberikan resep hoddeok khas negeri ginseng tersebut. Jadi bunda dan keluarga bisa menikmati hoddeok di rumah tanpa harus pergi jauh-jauh ke korea. Karena bunda pun bisa membuat sendiri hoddeok di dapur bunda untuk seluruh anggota keluarga.

Buat bunda yang sudah pernah menikmati hoddeok khas Korea, baik di negeri ginseng maupun di tempat lain, mulai sekarang bunda bisa membuat sendiri dengan resep yang akan saya berikan. Nah, bagi yang belum pernah mencoba hoddeok, bunda dan sista perlu mencobanya. Selain rasa yang enak, hoddeok juga bisa menjadi pengganti sarapan karena bisa sebagai pengganjal perut, hoddeok juga makanan yang begizi.

Baiklah bunda dan juga sista, tak perlu panjang lebar ya..langsung saja kita belajar membuat hoddeok khas Korea. Untuk membuat hoddeok, bunda/sista bisa ikuti caranya sebagai berikut ini untuk 5 porsi.

Bahan kulit hoddeok
  • Tepung terigu protein sedang sebanyak 300 gram
  • 6 sendok makan susu cair
  • ¼ sendok teh ragi instan
  • ½ sendok teh gula pasir
  • ¼ sendok teh garam
  • 2 sendok makan air hangat
  • Minyak salad secukupnya
Bahan isi hoddeok

  • 5 sendok makan gula merah. Sisir halus
  • ¼ sendok teh kayu manis bubuk

(Isi hoddeok juga bisa dari pasta kacang atau yang lainya seperti coklat, jadi tidak harus gula merah ya bunda..)
Cara membuat hoddeok
Campurkan gula pasir, ragi instan dan air hangat. Campurkan semua bahan tersebut sampai merata kemudian diamkan di tempat hangat -+ 15 menit.
Campurkan tepung terigu, garam, lalu tuang susu cair dan juga adonan ragi tadi. Uleni semua bahan hingga kalis. Diamkan adonan selama 2 jam.
Campur semua bahan isi, aduk hingga merata. Kemudian bagi campuran bahan isi menjadi 5 bagian.
Olesi tangan menggunakan minyak salad, bentuklah adonan isi bulat pipih dan sisihkan.
Buang gas pada adonan kulit, bagi  menjadi 5 bagian. Bulatkan kemudian diamkan kembali selama -+15 menit. Setelah di diamkan, pipihkan bahan kulit lalu letakan adonan isi di atasnya. Bungkus, dan rapikan bentuknya, diamkan kembali selama -+10 menit. 
Panaskan sedikit minyak di atas pan dadar anti lengket, panggang hoddeok hingga menguning kecoklatan sambil sesekali di balik. Angkat dan sajikan

Itulah tadi resep hoddeok khas korea yang bisa bunda/sista buat sendiri di dapur anda. Jangan lupa ya bund/sist..kalau sudah bisa membuat jajanan khas korea ini bagi sama saya buat mencicipi,hihi...selamat mencoba..

Subscribe to receive free email updates: